Akar keroncong berasal dari sejenis musik portugis yang dikenal sebagai ”FADO” yang diperkenalkan oleh para pelaut dan budak kapal niaga bangsa itu sejak abad ke-16 ke Nusantara. Dari daratan India (Goa) masuklah musik ini pertama kali di Malaka dan kemudian dimainkan oleh para budak dari Maluku.
Melemahnya pengaruh portugis pada abad ke-17 di Nusantara tidak dengan serta-merta berarti hilang pula musik ini. Bentuk awal musik ini disebut moresco, yang diiringi oleh alat musik dawai.
Musik keroncong yang berasal dari Tugu disebut keroncong Tugu. Dalam perkembangannya, masuk sejumlah unsur tradisional Nusantara, seperti penggunaan seruling serta beberapa komponen gamelan. Pada sekitar abad-19 bentuk musik campuran ini sudah populer di banyak tempat di Nusantara, bahkan hingga kE semenanjung Malaya.
Masa keemasan ini berlanjut hingga sekitar tahun 1960-an, dan kemudian meredup akibat masuknya gelombang musik populer (musik rock yang berkembang sejak 1950, dan berjayanya musik beatle dan sejenisnya sejak tahun 1961 hingga sekarang ). Meskipun demikian, musik keroncong masih tetap dimainkan dan dinikmati oleh berbagai lapisan masyarakat di indonesia dan malaysia hingga sekarang.
”ALAT-ALAT MUSIK YANG DIGUNAKAN KERONCONG”
Dalam bentuknya yang paling awal, moresco diiringi oleh musik dawai, seperti biola, ukulele, serta selo. Perkusi juga kadang-kadang dipakai. Set orkes semacam ini masih dipakai oleh keroncong Tugu, bentuk keroncong yang masih dimainkan oleh komunitas keturunan budak Portugis dari ambon yang tinggal di Kampung Tugu, Jakarta Utara.
Pem-”pribumi”-an keroncong menjadikannya seni campuran, dengan alat-alat musik seperti:
- sitar India
- rebab
- suling bambu
- gendang, kenong, dan saron sebagai satu set gamelan
- gong.
SAAT INI, ALAT MUSIK YANG DIPAKAI DALAM ORKES KERONCONG MENCAKUP:
- ukulele cuk, berdawai 3 (nilon), urutan nadanya adalah G, B dan E;
- ukulele cak, berdawai 4 (baja), urutan nadanya A, D, Fis, dan B. Jadi ketika alat musik lainnya memainkan tangga nada C, cak bermain pada tangga nada F (dikenal dengan sebutan in F);
- gitar akustik (ukulele dan gitar menggantikan sitar);
- biola (menggantikan Rebab);
- selo;
-kontrabas (menggantikan Gong).
Penjaga irama dipegang oleh ukulele dan bas. Gitar dan selo mengatur peralihan akord. Biola berfungsi sebagai penuntun melodi, sekaligus hiasan/ornamen. Flut mengisi hiasan, yang melayang-layang mengisi ruang melodi yang kosong.
Bentuk keroncong yang dicampur dengan musik populer sekarang menggunakan organ serta synthesizer untuk mengiringi lagu keroncong.
TOKOH KERONCONG
Salah 1 tokoh indonesia yang memiliki kontribusi cukup besar dalam membesarkan musik keroncong adalah bapak ”Gesang”. Lelaki asal kota Surakarta (solo) ini bahkan mendapatkan santunan setiap tahun dari pemerintah jepang karena berhasil memperkenalkan musik keroncong di sana. Salah satu lagunya yang paling terkenal adalah Bengawan Solo. Lantaran pengabdian itulah, oleh Gesang dijuluki ”Buaya Keroncong” oleh insan keroncong indonesia, sebutan untuk pakar musik keroncong.
”BUAYA KERONCONG”
Asal muasal sebutan ”buaya keroncong” berkisar pada lagu ciptaannya, bengawan solo. Bengawan solo adalah nama sungai yang berada diwilayah Surakarta. Seperti diketahui, buaya memiliki habitat di rawa dan sungai. Reptil terbesar itu di habitatnya nyaris tak terkalahkan, karena menjadi pemangsa yang ganas. Pengandaian semacam itulah yang mendasari mengapa gesang disebut sebagai ”buaya keroncong”.
Contoh untuk lagu “bengawan solo” downlod di sini
Contoh untuk video keroncong di sini
0 comments:
Post a Comment
Luangkan waktu untuk menunjukan kepedulian anda di blog ini, untuk memperbaiki blog agar lebih baik!!