Thursday, February 7, 2013

Sejarah Indomie "Indomie Seleraku"

Indomie adalah merek produk mi instan yang sangat populer di Indonesia dan Nigeria. Saking terkenalnya, orang Indonesia memanggil mi instan dengan sebutan "Indomie", kendati yang dikonsumsi tidak bermerek Indomie. Indomie diproduksi oleh PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Produk paling sukses dari perusahaan milik Sudono Salim ini mulai diluncurkan ke pasar sejak tanggal 9 September 1972, dahulu diproduksi oleh PT. Sanmaru Food Manufacturing Co. Ltd., dan pertama kali hadir dengan rasa Ayam dan Udang. Selain dipasarkan di Indonesia, Indomie juga dipasarkan secara cukup luas di manca negara, antara lain di Amerika Serikat,Australia, berbagai negara Asia dan Afrika serta negara-negara Eropa, dan itu menjadikan Indomie sebagai salah satu dari segelintir produk asli Indonesia yang mampu menembus pasar internasional . Di Indonesia sendiri, sebutan "Indomie" sudah umum dijadikan istilah generik yang merujuk kepada mi instan.
Harga Indomie yang ekonomis dan cita rasanya yang telah disesuaikan dengan selera Indonesia membuat produk mi instan ini sangat digemari oleh masyarakat. Bahkan, tidak jarang warga Indonesia yang melakukan perjalanan ke luar negeri membawa Indomie untuk mengatasi masalah ketersediaan makanan yang praktis dan sesuai dengan selera Indonesia. Kepraktisan dalam penyajiannya dan mudahnya pendistribusian membuat Indomie menjadi andalan warga Indonesia saat terjadi tragedi bencana alam untuk mengatasi masalah keterbatasan dan kelangkaan bahan pangan di lokasi dengan segera.

Indomie diklaim sebagai makanan yang sehat dan bergizi oleh produsennya. Produk mi instan ini disebut memiliki berbagai kandungan gizi seperti energi, protein, niasin, asam folat, mineral zat besi, natrium, dan berbagai vitamin seperti vitamin A, B1, B6, dan B12. Meskipun begitu, konsumsi Indomie yang terlalu sering tidak dianjurkan, sebab Indomie mengandung pewarna tartrazine yang tidak baik bagi kesehatan apabila dikonsumsi dalam jangka panjang.

Promosi dan Pemasaran
Iklan Indomie pertama sejak peluncurannya pada tanggal 9 September 1972. Hingga saat ini, Indomie terus berkembang sehingga Indomie terus diberikan kepada konsumen Indonesia.


Semua rasa Indomie, terhitung sejak tahun 2008.

Kemasan Indomie Mi Goreng sekarang

Indomie untuk saat ini merupakan market leader dalam medan persaingan berbagai produk mi instan di Indonesia. Posisinya yang kuat disebabkan oleh faktor Indomie sebagai produk mi instan yang pertama kali hadir di Indonesia serta strategi promosi dan pemasaran yang gencar. Metode promosi yang digunakan adalah terutama melalui iklan di media elektronik dan cetak, mensponsori berbagai acara, serta instalasi iklan billboard secara luas. Indomie sangat dikenal dengan taglinenya, "Indomie Seleraku". Pada tahun 2008 Indomie melakukan inovasi dalam promosinya dengan mengadakan event Indomie Jingle Dare, sebuah ajang kompetisi bagi pelajar tingkatan SMA untuk membuat jingle bagi iklan Indomie.

Iklan Indomie pada tahun 2001 dibintangi oleh Chairul Tanjung, Jovanka Mardova, dan Okky Lukman.
Indomie : Kemerdekaan 56
Indomie : Ramadhan (bagian 1)
Indomie : Ramadhan (bagian 2)
Indomie : Idul Fitri 1422

Dalam pemasarannya, grup distribusi Indofood memiliki jaringan distribusi mi instan yang terluas di Indonesia, yang mana menembus sampai hampir ke setiap sudut kepualuan. Jumlah titik stok (gudang) semakin diperbanyak secara agresif sejak tahun 2005, sehingga mampu menyediakan penetrasi pasar yang lebih luas melalui rantai suplai dan penghantaran. Gudang stok ditempatkan pada area-area yang memiliki outlet retail yang banyak, termasuk pasar tradisional, sehingga setiap gudang dapat melayani masing-masing area geografis dalam waktu yang sesingkat mungkin. Indomie dapat dibeli secara satuan per bungkus, dapat juga dibeli dengan paket per 5 bungkus dan paket 1 kardus yang berisi 30 atau 40 bungkus indomie. Harga indomie relatif ekonomis, di Indonesia pada tahun 2012, indomie dihargai Rp. 1.450,- per bungkusnya atau sekitar 10 sen dolar Amerika. Di Australia, tahun 2009 indomie dijual dengan harga 25 sen per bungkusnya atau AUD 10 untuk satu kardus berisi 40 bungkus indomie, sedangkan di Amerika Serikat pada tahun 2009, indomie biasa dijual dengan harga 1 dolar per 3 bungkusnya, dan dapat ditemukan di berbagai supermarket Asia sepertiLion Supermarket, Marina Food, atau 99 Ranch.

Satu bungkus Indomie standar memiliki massa 85 gram, dan terdapat 2 sachet berisi 5 bumbu-bumbuan yang disertakan, yaitu kecap manis, saus sambal, minyak sayur, bubuk perasa danbawang goreng.

Indomie juga tersedia dalam versi jumbo dengan massa 129 gram khusus Indomie Mi Goreng Spesial dan Rasa Ayam Panggang.

Indomie pertama kali ikut serta dalam Pekan Raja Djakarta pada tahun 1973.

Kemasan Indomie lama, hingga tahun 2005, sekarang masih ada di luar negeri, sepertiAustralia.

Indomie Mi Goreng Kriuuk.. 8x.

Kemasan Indomie sebelumnya, hingga akhir tahun 2009.

Kemasan Indomie sejak 3 Januari 2010.

Jenis - jenis Indomie


Indomie Mi Goreng

Indomie adalah bentuk mie instan dibumbui untuk langit-langit Indonesia. Rasa yang paling populer adalah Indomie Mi Goreng , diikuti oleh Indomie Soto Mie, Indomie Ayam Bawang (Onion Chicken), Indomie Kari (Curry), Indomie Kaldu Ayam (ayam) dan Indomie Ayam spesial (ayam khusus).

Penamaan & Slogan

Kedua Indomie Indomie dan dapat digunakan untuk menggambarkan merek. Beberapa iklan di Indonesia menunjukkan berbagai pelanggan makan Indomie, biasanya diakhiri dengan paduan suara "Indomie, Seleraku", "Majulah Indonesiaku" (Hari Kemerdekaan Indonesia saja), dan "Maafkan Lahir Batin" ( Eid Mubarak saja).
Varietas
Indomie datang dalam berbagai rasa, termasuk:

Indomie yang umum varian

Indomie ini Selera Nusantara varian menampilkan resep diambil dari Indonesian Cuisine spesialisasi dari beberapa provinsi di Indonesia.

varian umum
Mi Goreng Special
Mi Goreng Pedas (Pedas)
Mi Goreng Rendang
Mi Goreng Sate
Mi Goreng Ayam (Chicken)
Mi Goreng BBQ Chicken
Mi Goreng Cabe Ijo (Green Chilli)
Rasa Ayam Bawang (Onion Chicken Flavour)
Rasa Ayam spesial (Flavour Ayam khusus)
Rasa Baso Sapi (Beef Flavour bakso)
Rasa Kaldu Ayam (Chicken Broth Flavour)
Rasa Kari Ayam (Chicken Curry Flavour)
Rasa Soto Mie (Soto Flavour)
Rasa Soto Special (Soto Koya dengan Flavour)

varian Renyah
Mi Goreng Kriuuk Ayam
Mi Goreng Kriuuk Bawang
Mi Goreng Kriuuk Pedas

Indonesia varian masakan tradisional
Mi Goreng Cakalang ( Sulawesi Utara )
Mi Goreng Rasa Rendang Pedas Medan ( Sumatera Utara )
Rasa Coto Makassar ( Sulawesi Selatan )
Rasa empal Gentong ( Jawa Barat )
Rasa Kari Ayam Medan ( Sumatera Utara )
Rasa Mi Cakalang ( Sulawesi Utara )
Rasa Mi Celor ( Sumatera Selatan )
Rasa Mi Kocok Bandung ( Jawa Barat )
Rasa Sop Buntut ( Jakarta )
Rasa Soto Banjar ( Kalimantan Selatan )
Rasa Soto Banjar Limau Kuit ( Kalimantan Selatan )
Rasa Soto Betawi ( Jakarta )
Rasa Soto Medan ( Sumatera Utara )

Premium varian
Mi Keriting Goreng spesial
Mi Keriting Goreng Rasa Ayam Cabe Rawit
Mi Keriting Goreng Rasa Kornet
Mi Keriting Rasa Ayam Panggang
Mi Keriting Rasa Laksa spesial

varian Vegetarian
Sayuran Flavour
Mi Goreng Vegan
Rasa Vegan Sup sayuran yang

Pop Mie
Indomie juga memiliki berbagai cangkir mie, yang disebut Pop Mie , Indomie Cup di Mesir, Suriah dan Arab Saudi atau Indomie Berguna di Kepulauan Virgin , dalam berbagai rasa, termasuk:
Mi Goreng spesial (khusus)
Mi Goreng Pedas (Pedas)
Mi Goreng Rendang (Coming Soon)
Mi Goreng Cabe Ijo (Coming Soon)
Rasa Ayam spesial (Flavour Ayam khusus)
Rasa Ayam Bawang (Onion Chicken Flavour)
Rasa Baso spesial (Flavour bakso khusus)
Rasa Ayam (Chicken Flavour)
Rasa Baso (Meatball Flavour)
Rasa Soto Ayam (ayam Soto Flavour)
Rasa Kari Ayam (Chicken Curry Flavour)
Mini Rasa Ayam Bawang (Onion Chicken Flavour)
Mini Rasa Baso Sapi (Meatball Flavour)
Mini Rasa Soto Mie (Soto Flavour)

Popularitas wikipedia english
Pada tanggal 9 September 1970, Indomie pertama kali diluncurkan ke pasar di Indonesia.
Pada tahun 1988 Indomie diperkenalkan di Nigeria melalui impor, dan pada tahun 1995 membuka pabrik produksi pertama di Nigeria di bawah Foods Dufil Prima. Ini adalah saat pertama mie manufaktur pabrik di Nigeria dan terbesar di Afrika. Indomie Instant Noodles telah berkembang menjadi nama rumah tangga di seluruh negeri.

Pada tahun 2005, Indomie memecahkan Guinness Book of World Records untuk kategori "The Packet Terbesar Mie Instan", menciptakan sebuah paket yang 3.4mx 0.47m 2.355mx, dengan berat bersih 664,938 kg, yaitu sekitar 8.000 kali berat paket reguler mie instan. Itu dibuat dengan menggunakan bahan yang sama sebagai paket reguler mie instan dan bersertifikat cocok untuk konsumsi manusia.

Pada tanggal 13 Desember 2009, Roger Ebert , populer Film kritikus dari Amerika Serikat untuk Chicago Sun-Times , peringkat Indomie di salah satu nya "Dua belas Hadiah Natal" di posisi # 1.
Pada 3 Januari 2010, Indomie meluncurkan desain kemasan baru dari perusahaannya.
Pada tanggal 7 Oktober 2010, Di Taipei, The Taipei County Kesehatan Masyarakat Biro mengumumkan bahwa pengawet kosmetik yang ditemukan di Indonesia mie instan "Indomie" dan memerintahkan semua vendor untuk menarik produk dari pasar.

Pada tanggal 11 Oktober, Pernyataan resmi yang dirilis oleh Indofood mengenai Insiden Taiwan adalah The "Perseroan berkeyakinan bahwa laporan terbaru di media Taiwan muncul dalam kaitannya dengan produk mie instan yang diproduksi oleh ICBP yang tidak ditujukan untuk pasar Taiwan." [ 6 ]
Sejak 6 Desember 2010 Taiwan berwenang telah mengizinkan Indomie instan produk mie untuk kembali memasuki pasar Taiwan.
Mei 2011, Jesse Dua Samudra (J2O) dari London, Inggris melakukan "Indomie" Diproduksi oleh ACEN.
September 9, 2011, Indomie akan dijual di toko-toko di seluruh Malaysia , Singapura , Brunei , dan Timor Leste .
April 28, 2012, Indomie akan dijual di toko-toko sekitar Chad dan Sudan .
April 29, 2012, Indomie akan dijual di toko-toko di sekitar Madagaskar .
April 30, 2012, mie Indomie Box akan dijual di toko-toko sekitar Dominica (pertama kali di Karibia).
1 Mei 2012, Indomie akan dijual di toko-toko di sekitar Kepulauan Marshall , yang Federated States of Micronesia , para Kepulauan Mariana Utara dan Palau .
2 Mei 2012, Indomie akan dijual di toko-toko di sekitar Belanda , Perancis , Luksemburg , Belgia (untuk pertama kalinya di Eropa ) dan Mozambik .
9 Mei 2012, Indomie akan dijual di toko-toko di seluruh Tanzania (sebelumnya Tanganyika dan Zanzibar ).
18 Mei 2012, Indomie yang dijual di toko-toko di seluruh Kenya .
10 Juni 2012, Indomie akan dijual di toko-toko sekitar Togo , Benin , Burkina Faso , Senegal , Gambia , Mali dan Niger .
18 Juni 2012, Indomie akan dijual di toko-toko di seluruh Uganda .
24 Juni 2012, Indomie akan dijual di toko-toko di seluruh Kolombia dan El Salvador (untuk pertama kalinya di Amerika ).
25 Juni 2012, Indomie akan dijual di toko-toko di sekitar Guadeloupe dan Martinique (untuk pertama kalinya di Karibia ).
2 Juli 2012, Indomie akan dijual di toko-toko di seluruh India dan Pakistan .
3 Juli 2012, Indomie akan dijual di toko-toko di sekitar Papua Nugini .
4 Juli 2012, Indomie akan dijual di toko-toko di seluruh Nepal dan Bhutan .
20 Juli 2012, Indomie akan dijual di toko-toko sekitar Aruba , Curaçao , Sint Maarten , Bonaire , Sint Eustatius , Saba , Saint-Martin (untuk kedua kalinya di Karibia ), Yaman dan Oman .
21 Juli 2012, Indomie akan dijual di toko-toko di seluruh Hong Kong , Macau , dan Mali .
26 Juli 2012, Indomie akan dijual di toko-toko di seluruh Venezuela .
14 Agustus 2012, Indomie akan dijual di Malta (untuk kedua kalinya di Eropa ).
September 2, 2012, Indomie Akan dijual di toko-toko, toko obat dan supermarket Sekitar Australia , Selandia Baru , Kiribati , Tuvalu , Kaledonia Baru dan Wallis dan Futuna (untuk kedua kalinya di Amerika ).
September 11, 2012, Indomie akan dijual di toko-toko, toko obat dan supermarket di sekitar Tonga , Atol Johnston , yang Komoro dan Mayotte .
19 Januari 2013, Indomie akan dijual di Puerto Rico (untuk ketiga kalinya di Karibia ).
25 Maret 2013, Indomie akan dijual di toko-toko, toko obat dan supermarket di sekitar Barbados (untuk keempat kalinya di Karibia ).
Musim semi 2013, Indomie akan dijual di toko-toko di seluruh Namibia .
Pada tanggal 15 Juli 2013, Indomie Hijau Flavor Chilli akan dijual di Zambia , Zimbabwe , Malawi , Tanzania , Kenya , Uganda , Guadeloupe dan Martinique .
pada bulan Agustus 2013, Indomie akan tersedia di Angola , Burundi , Kamerun , Equatorial Guinea , Gabon , dan Rwanda .
pada bulan September 2013, akan dijual di seluruh Panama (untuk ketiga kalinya di Amerika ).
Dari 1 Mei 2014 dan seterusnya, kisaran Indomie secara keseluruhan akan diimpor ke Zambia , Zimbabwe dan Malawi .
Dari 2 Mei 2014 dan seterusnya, Indomie akan diimpor ke Afrika Selatan dan Botswana .
Dari 3 Mei 2014 dan seterusnya, mie Indomie dan Kotak Ukuran Hungry Man akan diimpor ke Madagaskar .
Dari 8 Mei 2014 dan seterusnya, mie Indomie Box akan diimpor ke Ghana , Guadeloupe dan Martinique .
Dari 9 Mei 2014 dan seterusnya, kisaran Indomie secara keseluruhan akan diimpor ke Dominika , Pulau Navassa , Haiti , yang Republik Dominika (untuk kelima kalinya di Karibia) danFilipina .
Dari 10 Mei 2014, Indomie (indlucing mie Kotak) akan diimpor ke Pantai Gading .
Dari tanggal 11 Mei 2014, Indomie (indlucing mie Kotak) akan diimpor ke Saint Barthélemy (untuk kali fsIxth di Karibia ) dan Guyana Perancis (untuk keempat kalinya di Amerika ).
28 Juli 2015, Indomie akan dijual di toko-toko di sekitar Kepulauan Solomon .
Tanggal 29 Juli 2015, Indomie akan dijual di toko-toko sekitar Lesotho , Swaziland , Chile , Argentina dan Kepulauan Falkland (untuk kelima kalinya di Amerika ).
30 Juli 2015, Indomie akan dijual di Saint Pierre dan Miquelon (untuk kelima kalinya di Amerika), Israel dan Kepulauan Virgin ( Amerika Serikat / Inggris , untuk ketujuh kalinya di Karibia ).
31 Juli 2015, Indomie Hijau Flavor Chilli akan dijual di Kepulauan Virgin , Ghana , Papua Nugini dan Kepulauan Solomon .
1 Agustus 2015, Indomie Hijau Flavor Chilli akan dijual di Hong Kong dan Makau .
2 Agustus 2015, Indomie Hijau Flavor Chilli akan dijual di Chile , Argentina , yang Inggris , Perancis , Spanyol dan Kepulauan Falkland .
3 Agustus 2015, Indomie Hijau Chilli Flavor dan Ukuran Hungry Man akan dijual di Ghana , Nigeria , dan Puerto Rico
September 9, 2020, Indomie ingin merayakan tahun ke-50 ulang tahun emas.

Lagu tema
Dari Sabang Sampai Merauke

Bait Pertama:
Dari Sabang sampai Merauke
Dari Miangas sampai Pulau Rote
Indonesia tanah airku
Indomie seleraku...


Bait Kedua:
Dari desa sampai ke kota
Dari gurun sampai pegunungan
Indonesia tanah airku
Indomie seleraku..
.

Bait Ketiga:
Indomie, Indomie seleraku...
Indomie dari dan bagi Indonesia
Lagu tema Indomie versi Kemerdekaan

Bait Pertama:
Puji syukur pada Illahi
Nikmatnya alam kemerdekaan
Indonesia tanah airku
Majulah negeriku


Bait Kedua:
Puji syukur pada Illahi
Nikmatnya alam kemerdekaan
Indonesia tanah airku
Majulah Indonesiaku
Lagu tema Indomie versi Ramadhan

Bait Pertama:
Hari ini kita puasa
Menjalankan perintah agama
Belajar taat, jalankan ibadah
Bertakwa, hidup beriman.


Bait Kedua:
Hari ini kita puasa
Menjalankan perintah agama
Belajar taat, jalankan ibadah
Bertakwa, hidup beriman.
Lagu tema Indomie versi Idul Fitri

Hari ini hari yang fitri
Kita rayakan kemenangan
Minal aidzin wal faidzin
Ma'afkan lahir batin

Komposisi Indomie
Indomie "Mi Goreng" Spesial Plus
Mi - Tepung terigu, minyak sayur, tepung tapioka, garam, pemantap (nabati dan natrium tripolifosfat), pengatur keasaman, mineral (zat besi), pewarna (tartrazin CI 19140), antioksidan (TBHQ).
Bumbu- Gula, garam, penguat rasa mononatrium glutamat (MSG), bubuk bawang putih, bubuk bawang bombay, perisa ayam (mengandung penguat rasa dinatrium inosinat dan guanilat), bubuk lada dan vitamin (A, B1, B6, B12, Niasin, Asam Folat, Pantotenat).
Minyak- Minyak sayur dan bawang merah.
Kecap Manis- Gula (mengandung sulfit), air, kedelai, gandum, garam, bumbu dan rempah-rempah, pengawet (natrium benzoat), minyak nabati.
Saus Cabe- Cabe, air, gula, garam, pengental, pengatur keasaman, bumbu, penguat rasa (mononatrium glutamat, dinatrium inosinat dan guanilat), perisa, pengawet (natrium benzoat dan natrium metabisulfit).
Bawang Goreng (mengandung antioksidan TBHQ)

(Sumber: Bagian belakang kemasan Indomie Mi Goreng Spesial Plus edisi 40 tahun Indomie, PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk., Jakarta, 2012)

Kontroversi

Pihak berwenang Taiwan pada awal 7 Oktober 2010 mengumumkan bahwa Indomie yang dijual di negeri mereka mengandung dua bahan pengawet yang terlarang, yaitu metil p-hidroksibenzoatdan asam benzoat. Dua unsur itu hanya boleh digunakan untuk membuat kosmetik. Sehingga dilakukan penarikan semua produk mie instan "Indomie" dari pasaran Taiwan. Selain di Taiwan, dua jaringan supermarket terkemuka di Hong Kong untuk sementara waktu juga tidak menjual mie instan Indomie. Menurut Harian Hong Kong, The Standard, dalam pemberitaan Senin, 11 Oktober 2010, harian itu mengungkapkan bahwa dua supermarket terkemuka di Hong Kong, Park n' Shop dan Wellcome, menarik semua produk Indomie dari rak-rak mereka. Selain itu, Pusat Keselamatan Makanan di Hong Kong tengah melakukan pengujian atas Indomie dan akan menindaklanjutinya dengan pihak importir dan diler. Selain di Taiwan, larangan juga berlaku di Kanada dan Eropa. Menurut The Standard, bila bahan-bahan dikonsumsi, konsumen berisiko muntah-muntah. Selain itu, bila dikonsumsi secara rutin atau dalam jumlah yang substansial, konsumen akan menderita asidosis metabolik, atau terlalu banyak asam di dalam tubuh.

Sebaliknya, importir Indomie di Hong Kong, Fok Hing (HK) Trading, menyatakan bahwa mi instan itu tetap aman dikonsumsi dan memenuhi standar di Hong Kong dan Organisasi Kesehatan Dunia. Itu berdasarkan hasil pengujian kualitas pada Juni lalu, yang tidak menemukan adanya bahan berbahaya.

Menurut Indofood, produk Indomie dengan kandungan metil p-hidroksibenzoat bukan untuk dipasarkan di Taiwan. Indomie di Taiwan sudah disesuaikan dengan regulasi yang ada di Taiwan yang tidak memakai pengawet tersebut. Indofood dalam situs resminya pada Senin (11/10/2010) menyatakan bahwa yang diberitakan media di Taiwan itu adalah produk mi instan dari Indofood, yang sebenarnya bukan untuk dipasarkan di Taiwan. Mi instan yang dianggap berbahaya di Taiwan itu sebenarnya ditujukan untuk pasar Indonesia, bukan pasar Taiwan.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Dr. Endang Rahayu Sedyaningsih dalam tanggapannya menyatakan Indomie masih aman untuk dimakan tetapi tetap menyarankan masyarakat untuk mengurangi konsumsi mie Instan.

Akibat dari isu ini, harga saham Indofood sebagai produsen Indomie anjlok.

Sumber : Wikipedia Indonesia Dan Inggris..... 

0 comments:

Post a Comment

Luangkan waktu untuk menunjukan kepedulian anda di blog ini, untuk memperbaiki blog agar lebih baik!!