Saturday, February 9, 2013

"Sejarah Indonesia"


Bendera Indonesia
 Sejarah Indonesia dibentuk oleh posisi geografis, sumber daya alamnya, rangkaian migrasi manusia, kontak, ekonomi dan perdagangan, penaklukan dan politik. Indonesia merupakan kepulauan negara 17.508 pulau dan dihuni (6.000 penghuni) membentang sepanjang khatulistiwa di South East Asia. Jalur laut posisi negara strategis dipupuk antar pulau dan perdagangan internasional, Sejak dasarnya Indonesia berbentuk perdagangan.

Wilayah Indonesia dihuni oleh masyarakat dari berbagai migrasi, menciptakan keragaman budaya , etnis , dan bahasa . Bentang alam kepulauan dan iklim secara signifikan mempengaruhi pertanian dan perdagangan, dan pembentukan negara.
Meliputi suatu rentang waktu yang sangat panjang yang dimulai sejak zaman prasejarah berdasarkan penemuan "Manusia Jawa" yang berusia 1,5 juta tahun yang lalu. Periode sejarah Indonesia dapat dibagi menjadi lima era: Era Prakolonial, munculnya kerajaan-kerajaan Hindu-Buddhaserta Islam di Jawa dan Sumatera yang terutama mengandalkan perdagangan; Era Kolonial, masuknya orang-orang Eropa (terutama Belanda) yang menginginkan rempah-rempah mengakibatkan penjajahan oleh Belanda selama sekitar 3,5 abad antara awal abad ke-17 hingga pertengahan abad ke-20; Era Kemerdekaan Awal, pasca-Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (1945) sampai jatuhnya Soekarno (1966); Era Orde Baru, 32 tahun masa pemerintahanSoeharto (1966–1998); serta Era Reformasi yang berlangsung sampai sekarang.

peta indonesia

Sisa-sisa fosil dari Homo erectus dan alat-alatnya, dikenal sebagai " Java Man ", menyarankan kepulauan Indonesia dihuni oleh sedikitnya 1,5 juta tahun yang lalu. Orang Austronesia, yang membentuk mayoritas penduduk pada saat itu, diperkirakan awalnya dari Taiwan dan tiba di Indonesia sekitar 2000 SM. Dari abad ke-7 Masehi, angkatan laut Sriwijaya berkembang membawa pengaruh Hindu dan Budha dengan itu. Pertanian Sailendra Budha dan Hindu Mataram dinasti kemudian berkembang dan menurun di pedalaman Jawa. Yang signifikan terakhir kerajaan non-muslim, Hindu Majapahit kerajaan, berkembang dari abad ke-13, dan pengaruhnya meluas sampai hampir meliputi wilayah Indonesia. Bukti awal populasi Islamisasi di Indonesia dimulai sejak abad ke-13 di bagian utara Sumatera , Indonesia lainnya daerah secara bertahap diadopsi Islam yang menjadi agama yang dominan di Jawa dan Sumatra pada akhir abad ke-16. Untuk sebagian besar, Islam dilapis dan dicampur dengan pengaruh budaya dan agama yang ada.

proklamasi indonesia
Eropa tiba di Indonesia dari abad ke-16 berusaha untuk memonopoli sumber berharga pala, cengkeh dan lada kemukus di Maluku. Pada tahun 1602 Belanda mendirikan Perusahaan India Timur Belanda (VOC) dan menjadi kekuatan Eropa yang dominan. Setelah kebangkrutan VOC secara resmi dibubarkan pada tahun 1800, dan pemerintah Belanda mendirikan Hindia Belanda sebagai koloni dinasionalisasi. Pada awal abad 20 dominasi Belanda diperluas untuk apa yang menjadi batas-batas Indonesia saat ini. Para invasi Jepang dan pendudukan berikutnya selama Perang Dunia II berakhir pemerintahan Belanda, dan mendorong gerakan kemerdekaan Indonesia ditekan sebelumnya. Dua hari setelah Jepang menyerah pada Agustus 1945, pemimpin nasionalis, Sukarno , menyatakan kemerdekaan dan ditunjuk sebagai presiden. Belanda berusaha membangun kembali kekuasaan mereka, tetapi perjuangan bersenjata dan diplomatik pahit berakhir, pada bulan Desember 1949, ketika dalam menghadapi tekanan internasional, Belanda secara resmi mengakui kemerdekaan Indonesia.



wakil indonesia ke-1
presiden indonesia ke-1
Sebuah usaha kudeta pada tahun 1965 menyebabkan pembersihan tentara yang dipimpin kekerasan anti komunis di mana lebih dari setengah juta orang tewas. Soeharto kemudian mengambil alih kekuasaan dari Soekarno, dan resmi menjadi presiden pada tahun 1968.. Pemerintahannya Orde Baru mengumpulkan nikmat Barat yang investasi di Indonesia merupakan faktor utama dalam tiga dekade berikutnya pertumbuhan ekonomi yang besar. Pada akhir 1990-an, bagaimanapun, Indonesia adalah negara yang paling terpukul oleh krisis keuangan Asia Timur yang menyebabkan protes dan pengunduran diri Soeharto pada 21 Mei 1998. Era Reformasi menyusul pengunduran diri Soeharto, telah menyebabkan penguatan proses demokrasi, termasuk program otonomi daerah, pemisahan diri Timor Timur , dan yang pertama pemilihan presiden langsung pada tahun 2004 . Ketidakstabilan politik dan ekonomi, kerusuhan sosial, korupsi, bencana alam, dan terorisme telah memperlambat kemajuan. Meskipun hubungan antara kelompok agama dan etnis yang berbeda tersebut sangat harmonis, akut ketidak puasan sektarian dan kekerasan tetap masalah di beberapa daerah.



Sumber : Wikipedia bahasa indonesia, wikipedia bahasa inggris... dan dirapikan agar dapat memahami tulisan inggris dan di terjemahkan dari google... Tulisan tidak ada yang dirubah pemahamannya… http//:id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Indonesia http//:en.wikipedia.org/wiki/History_of_Indonesia

0 comments:

Post a Comment

Luangkan waktu untuk menunjukan kepedulian anda di blog ini, untuk memperbaiki blog agar lebih baik!!